English click here Please click here for the English version

Info Pendidikan

Akper RS PGI Cikini Untuk Informasi lengkap, silahkan klik di sini
Diskusi Perencanaan dan Penganggaran Program Kesehatan Ibu dan Anak untuk Pencapain MDG 4 dan MDG 5 PDF Print E-mail
Wednesday, 11 August 2010 10:46

Pada tanggal 9 Agustus Sekretariat Pelkesi menghadiri Diskusi Perencanaan dan Penganggaran Program Kesehatan Ibu dan Anak untuk Pencapain MDG 4 dan MDG 5 yang diselenggarakan oleh PMPK UGM di Jakarta. 

 

Pada awal diskusi ditampilkan potret anggaran daerah dan potret anggaran kesehatan daerah yang berhasil dikumpulkan oleh Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA). Dari paparan potret anggaran daerah itu terlihat bahwa kontribusi retribusi kesehatan cukup besar dalam menyokong Pendapatan Asli Daerah (PAD), Tingginya kontribusi dari retribusi kesehatan ini tidak sebanding dengan alokasi anggaran kesehatan.

Data dari FITRA tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian besar anggaran itu dipakai untuk belanja infrastruktur dasar yang mencakup bangunan dan peralatan untuk memberikan layanan, sementara Alokasi belanja untuk kegiatan yang bertujuan membuka akses masyarakat terhadap layanan kesehatan dan peningkatan mutu layanan kesehatan masih rendah.

 

 

Permasalahan-permasalahan di atas memerlukan peran serta aktif dari masyarakat melalui lembaga-lembaga swadaya masyarakat (LSM). Khususnya dalam ruang lingkup Kesehatan Ibu dan Anak LSM lokal diharapkan dapat berperan mulai dari proses penganggaran, penyaluran bahkan bila perlu langsung sebagai pelaku di lapangan. Hal ini bukan tanpa alasan,  yang mengetahiu betul masalah teknis di lapangan  adalah orang-orang yang terjun langsung di masyarakat. Untuk itu LSM lokal juga perlu diikutsertakan dalam penganggaran alokasi anggaran KIA. Akan lebih baik bila pemerintah berkerjasama dengan LSM lokal dalam penyalurannya ke masyarakat. Sehingga peran dari LSM tidak hanya sebagai “watch dog” tetapi juga dapat sebagai provider SDM. Untuk dapat turut serta dalam proses alokasi anggaran KIA maka LSM-LSM lokal memerlukan pembentukan suatu koalisi untuk menyuarakan peninggkatan anggaran operasional khususnya di bidang KIA. Prosesnya memang tidak mudah karena ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.

 

Pada akhir diskusi Perwakilan dari Parlemen bersedia sebagai promotor pertemuan berikutnya untuk pembentukan koalisi khusus bidang Kesehatan Ibu dan Anak. Pada pertemuan itu akan diundang organisasi-organisasi yang fokus menangani bidang KIA.

 
logo pelkesi-actalliance

Mitra Luar Negeri

Mitra Luar Negeri Bread for the World The Global Fund JOCS

Mitra Dalam Negeri

Mitra Dalam Negeri Puspromkes Kemenkes RI BKKBN JKLPK Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia