English click here Please click here for the English version
Pelkesi Mengikuti Pelatihan Dasar INEE 2010 PDF Print E-mail
Written by Admin   
Monday, 27 February 2012 17:14

Pada tanggal 17-19 Februari 2012 lalu, Sekretariat Nasional Pelkesi mengirimkan salah satu delegasinya untuk mengikuti Pelatihan Dasar INEE (Standar-Standar Minimum Pendidikan: Kesiapsiagaan, Tanggap Darurat, dan Pasca Bencana), yang diselenggarakan oleh Masyarakat Peduli Bencana Indonesia (MPBI) dengan dukungan Plan Internasional. Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong semua pihak yang peduli di bidang pendidikan, lembaga donor bilateral dan multilateral, badan-badan PBB, NGOs dan organisasi-organisasi berbasis komunitas (CBOs), guru, peneliti, akademisi, dan konsultan yang terlibat di bidang pendidikan dalam melaksanakan perencanaan  kontijensi sektoral atau tanggap darurat langsung dalam bidang pendidikan, pada saat kesiapsiagaan, tanggap darurat, maupun pasca  bencana.

 

Pelatihan ini mengunakan buku INEE (anda dapat mengunduhnya di sini) sebagai buku pegangan. Buku ini memberikan pedoman bagaimana mempersiap

kan dan menanggapi peristiwa darurat akut dengan cara-cara pengurangan resiko, meningkatkan kesiapsiagaan masa depan, dan meletakkan dasar yang kuat untuk pendidikan yang berkualitas.

 

Pelkesi bersama-sama dengan Delsos Komisi PSE Keuskupun Larantuka NTT, Wahana Visi Indonesia Regio Sulteng-Maluku Utara, MDMC Yogyakarta dan BPBD Kabupaten Majene turut serta menjadi mitra latih dalam pelatihan tersebut. Selama orientasi, para peserta dikenalkan pada standar minimum dan aksi-aksi kunci dalam INEE Standar Minimum Pendidikan: Kesiap-siagaan, Tanggap Darurat dan Pemulihan. Selama pelatihan, peserta juga diajak mengenali standar-standar ini secara mudah dan mendiskusikan peluang-peluang penerapannya di Indonesia, serta  berlatih menggunakan standar-standar minimum ini pada tahap pra-saat-pasca bencana.

 

 
logo pelkesi-actalliance

Mitra Luar Negeri

Mitra Luar Negeri Bread for the World The Global Fund JOCS

Mitra Dalam Negeri

Mitra Dalam Negeri Puspromkes Kemenkes RI BKKBN JKLPK Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia