English click here Please click here for the English version

Informasi UPK

    

 

     

Info Pendidikan

Akper RS PGI Cikini Untuk Informasi lengkap, silahkan klik di sini
Sejarah PDF Print E-mail

Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia atau Pelkesi didirikan pada tanggal 17 September 1983 di Balige, Sumatera Utara, pada Pertemuan ke-3 Pimpinan Lembaga Pelayanan Kesehatan Kristen. Adapun pertemuan pertama dilaksanakan di Tomohon, Sulawesi Utara, pada tahun 1978 dilanjutkan oleh pertemuan ke-2 di Jakarta tahun 1980.

 

Pelkesi adalah satu wadah persekutuan dari Lembaga-Lembaga dan Insan Kristen dalam bidang pelayanan dan pendidikan kesehatan se Indonesia, dalam usahanya mewujudkan cita-cita dan tugas panggilan gerejawi. Pembentukan Pelkesi dimaksudkan untuk mengajak Gereja-gereja di Indonesia untuk mengembangkan pelayananan kesehatan secara holistik meliputi fisik, sosial, ekonomi dan spiritual. Disamping memfasilitasi pengembangan kerjasama diantara lembaga pelayanan Kristen di bidang kesehatan.


Bahwa sesungguhnya Kasih Allah didalam Kristus adalah tersedia bagi semua manusia. Pelayanan Kristen untuk kesehatan adalah merupakan upaya mengembalikan manusia ke dalam kedudukan dan fungsinya, sehingga mencapai martabatnya yang penuh menurut peta dan gambar Allah (Kejadian 1 : 26).

 

Usaha Pelayanan Kristen dalam bidang kesehatan, adalah pelayanan kesehatan yang holistik, yaitu pelayanan kesehatan yang bertitik-tolak pada pola berpikir yang memandang manusia secara utuh, didalam semua aspek jasmani, mental, spiritual dan sosial. Keadaan sehat adalah satu kesatuan keadaan yang sempurna jasmani, mental, spiritual dan kehidupan sosial yang produktif dan bukan sekedar terbebas dari penyakit. Usaha-usaha ini memerlukan pendekatan menyeluruh dan terpadu, meliputi usaha-usaha preventif, promotif, kuratif, edukatif dan rehabilitatif. Usaha-usaha ini haruslah mampu-didapatkan (affordable), mudah-dijangkau (accessible) dan selalu tersedia (available).

 

Bahwa Lembaga dan Insan Kristen dalam bidang pelayanan kesehatan terpanggil untuk menjadi alat dan saluran kasihNya didalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta mengambil bagian dalam pembangunan demi terwujudnya keadilan dan kemakmuran yang merata dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila.



Untuk mencapai tujuan seperti tersebut di atas, organisasi ini melakukan usaha dan kegiatan-kegiatan:
1.Berperan-serta di dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan pengembangan sistem kesehatan nasional  di Indonesia.
2.Membina jaringan kerja dengan pemerintah dan badan/lembaga lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri.
3.Membantu para anggota di dalam mengembangkan usaha-usaha pelayanan kesehatan yang holistik, bermutu, dan memenuhi standar serta terjangkau.
4.Membantu para anggota yang mempunyai masalah yang sulit dipecahkan secara sendiri, melalui pengorganisasian kerja sama antar anggota dan rekan lembaga di luar organisasi, bila diperlukan
5.Menyelenggarakan studi konseptual dan memperdalam pemahaman teologis tentang pelayanan kesehatan yang holistik.
6.Menyelenggarakan latihan - latihan bagi karyawan dan pimpinan di Unit Pelayanan Kesehatan, agar mereka lebih meyakini tugas panggilannya, mampu bekerja secara profesional sesuai dengan tugasnya, peka terhadap masyarakat di sekitarnya dan di lingkungan hidup.
7.Menciptakan media komunikasi dan penerusan informasi yang relevan dengan bidang kerja para anggota.
8.Mengadakan usaha dan kegiatan lain yang dipandang perlu untuk mencapai maksud dan tujuan organisasi.

 
logo pelkesi-actalliance

Mitra Luar Negeri

Mitra Luar Negeri Bread for the World The Global Fund JOCS

Mitra Dalam Negeri

Mitra Dalam Negeri Puspromkes Kemenkes RI BKKBN JKLPK Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia