English click here Please click here for the English version
Hari Kesehatan Reproduksi Sedunia 4 September PDF Cetak Email

Kesehatan Reproduksi dan Manajemen Kebersihan Menstruasi

 

JAKARTA, PELKESI.or.id - Kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan dalam semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi, serta fungsi dan prosesnya.

 

Manajemen Kesehatan Menstruasi

Merupakan pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi. Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi, dan memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga.

 

Apa itu menstruasi dan mengapa perempuan mengalaminya?

Menstruasi merupakan proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan perdarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan kecuali pada saat kehamilan. Menstruasi adalah proses alami bagi perempuan. Perempuan mengalami menstruasi karena memiliki sistem reproduksi yang terdiri atas indung telur, sel telur, tuba fallopi, rahim, serviks (leher rahim), dan vagina.

 

Ketika perempuan memasuki masa pubertas, yakni sekitar usia 10-15 tahun, organ-organ ini mulai siap untuk sebuah proses kehamilan apabila mengalami pembuahan. Sel telur yang dilepaskan oleh indung telur apabila tidak bertemu dengan sperma (tidak terjadi pembuahan) maka bersama dengan darah dan lapisan dalam dinding rahim luruh dan keluar melalui lubang vagina. Proses inilah yang disebut menstruasi. 

 

Apakah siklus menstruasi dan berapa lama menstruasi berlangsung?

Menstruasi yang berulang setiap bulan tersebut akan membentuk siklus menstruasi. Biasanya menstruasi akan berlangsung selama 2-7 hari. Awal siklus menstruasi dihitung sejak terjadinya perdarahan pada hari pertama dan berakhir tepat sebelum siklus menstruasi hari pertama periode berikutnya.

 

Rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari, namun setiap perempuan dapat mengalami siklus menstruasi bervariasi setiap 21-35 hari. Namun, apabila darah menstruasi terus keluar hingga 15 hari, segera pergi ke puskesmas, rumah sakit atau klinik kesehatan untuk diperiksa dokter.

 

Apakah yang harus dilakukan pada saat menstruasi?

Pada saat mengalami menstruasi, pakailah pembalut untuk menampung darah yang keluar dari vagina. Ingatlah untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Pembalut sekali pakai adalah pembalut yang tidak dapat digunakan kembali dan harus dibuang setelah digunakan. Pembalut pakai ulang terbuat dari kain, bisa dicuci, dan dapat digunakan kembali. Hindari penggunaan bahan yang bisa menyebabkan infeksi, seperti koran, dedaunan, tisu, atau kain kotor.

 

Pembalut sebaiknya diganti setiap 4 sampai 5 jam sekali dan bisa lebih sering apabila darah keluar banyak. Waktu yang dianjurkan untuk mengganti pembalut bagi anak perempuan usia sekolah ialah saat mandi pagi, saat di sekolah, setelah pulang sekolah, saat mandi sore, dan sebelum tidur. Pembalut harus sering diganti untuk mencegah infeksi saluran reproduksi, saluran kencing, dan iritasi kulit. Ingat untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

 

Pembalut sekali pakai harus dibuang setelah digunakan. Terlebih dahulu bersihkan pembalut dengan air mengalir, lalu lipat dan bungkus pembalut dengan kertas atau kantung plastik dan masukkan ke tempat sampah. Jangan membuang pembalut di lubang jamban atau kloset karena hal ini dapat menyebabkan lubang jamban atau kloset tersumbat.