English click here Please click here for the English version
Pelatihan Manajemen Penerbitan PDF Cetak Email

Jakarta, 10-13 Agustus 2009

Buku-buku Kristen sangat berpengaruh, hal ini karena buku dapat mengubah hidup; roh kudus bekerja melalui isi buku untuk mempengaruhi hati dan pikiran pembaca. Buku dapat dibaca berulang-ulang saat waktu senggang dirumah atau di manapun. Buku melampaui perbedaan bahasa dan budaya. Buku memiliki suatu pelayanan yang berkelanjutan. Setelah pembaca selesai membaca ia dapat memberikannya kepada pada orang lain. Buku dapat pergi ketempat yang tak terjangkau misionaris. Buku lebih “tahan lama”, kata yang tercetak dapat lama diingat setelah kata yang terucap dilupakan. Buku adalah salah satu cara paling efektif dalam penyebaran pesan injil. Buku melipatgandakan pelayanan seseorang. Bisa dikatakan bahwa “Buku adalah Misionaris!”.

Pelkesi dalam hal penerbitan bisa dibilang familiar, banyak buku-buku yang telah diterbitkan oleh Pelkesi. Walaupun sifatnya tidak untuk bisnis (mencari profit) melainkan sebagai sarana komunikasi dan jejaring antara anggota Pelkesi dan Mitra baik dalam maupun luar negeri.

Sebuah buku dapat dinikmati oleh pembaca jika buku tersebut memiliki kualitas yang baik seperti mudah dimengerti, enak dibaca, dan mengelitik rasa ingin tahu pembaca. Namun banyak kendala yang dihadapi oleh penerbit baik itu kendala dalam lingkup intern (seperti terbatasnya SDM) maupun ekstern (persaingan pasar dan distribusi).

Lalu bagaimana kita bisa membangun program penerbitan yang handal untuk mengatasi berbagai kendala tersebut? Beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 10-13 Agustus 2009 bertempat di Jl. Letjen Suprapto No.28 Cempaka Putih, Jakarta. Pelkesi diwakili oleh Dinar dan Anne mengikuti pelatihan manajemen penerbitan yang diselenggarakan oleh YKBK (Yayasan Komunikasi Bina Kasih) dan MAI (Media Associates International).

Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Mr. Ramon A. Rocha III, Beliau merupakan CEO dari OMF Literature Filipina dan saat ini menduduki jabatan coordinator pengembangan literature international; anggota dewan MAI USA; Ketua MAI Asia dan anggota Dewan Penasihat beberapa pelayanan lainnya.

Materi yang diberikan antara lain langkah-langkah membangun program penerbitan yang handal, termasuk didalamnya menemukan dan mengembangkan penulis baru, mengetahui dan memahami “pasar” anda, penelitian pasar, mempersiapkan rencana pemasaran, promosi dan publikasi yang efektif, distribusi yang efektif, manajemen keuangan, manajemen sumberdaya manusia, kunci sukses penerbitan Kristen dan karakteristik pimpinan penerbit Kristen yang efektif.

Ada beberapa point penting yang harus diperhatikan untuk membangun sebuah program penerbitan yang handal (kunci sukses), antara lain :
1.    Rumuskan misi/visi yang jelas dan fokus. Tiap buku yang diterbitkan harus berandil pada
pemenuhan tujuan perusahaan.
2.    Pekerjakan staf yang berkualitas. Staf merupakan asset terpenting.
3.    Buatlah suatu tim penerbitan yang bertemu secara teratur. Tim ini memutuskan judul-judul
apa yang akan terbit atas dasar faktor-faktor berikut :
a.    Kebutuhan target pasar
b.    Sejalan dengan pernyataan misi
c.    Ketersediaan dana penerbitan
d.    Daya jual proyek buku beserta keberlangsungannya
e.    Komitmen promosi iklan
4.    Membangun merek (brand) yang baik. Hanya menerbitkan judul-judul yang menjadi keahlian.
Jadilah yang terbaik di bidang anda. Munculkan keunggulan anda.
5.    Buatlah rencana penerbitan jangka pendek dan jangka panjang.
6.    Pelihara dan kembangkan penulis lokal.
7.    Mengatur persediaan dengan baik. Hanya mencetak buku yang habis dalam 6 bulan sampai 1
tahun.
8.    Perkuat keuangan. Perhatikan arus kas, bukan laba dan rugi.
9.    Perluas distribusi. Gunakan berbagai jalur pemasaran.
10.  Pilih pemimpin Kristen yang setia, taat, dewasa iman, bijaksana, dinamis dan berwawasan
kedepan, berkomitmen membantu, dan terbuka akan teknologi baru yang sesuai untuk
menjadi direktur/pemimpin.