AkFis UKI Kerja Sama dengan Pelkesi PDF Cetak Email

(dimuat dalam harian Warta Kota pada hari Kamis, 4 Februari 2010)

Akademi Fisioterapi (AkFis) UKI yang sejak September 2009 berdiri otonom, setelah selama 25 tahun di bawah Fakultas Kedokteran UKI, untuk pertama kalinya mengadakan kerjasama dengan wilayah II Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (Pelkesi).

Acara penandatanganan kerjasama ini dilaksanakan di RS PGI Cikini Jl. Raden Saleh 40 Jakarta, oleh dr. Abrahan Simatupang, Direktur AkFis UKI, dan dr. Jongguk Naiborhu, Ketua Umum Pelkesi Wilayah II, akhir Januari 2010.

Kerjasama ini memungkinkan mahasiswa dan lulusan AkFis untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki Pelkesi Wilayah II sebagai lahan pekerjaan dan praktek. Dengan demikian, ilmu fisioterapi yang diperoleh selama perkuliahan bisa diaplikasikan.

Dalam wawancara seusai acara, Abraham Simatupang mengungkapkan, kerjasama ini sangat penting untuk merealisasikan program AkFis terutama dalam memberdayakan mahasiswa dan lulusannya. "Tujuan kerjasama ini kami anggap sangat strategis supaya ada motivasi yang baik dalam proses belajar-mengajar dan setelah lulus minimal mendapat lahan pekerjaan," ujar Abraham dalam siaran pers yang diterima Warta Kota, Senin (2/2).

Jongguk Naibhoru mengatakan, para mahasiswa dan lulusan AkFis diharapkan dapat menggunakan kesempatan dalam kerjasama ini untuk memberdayakan diri dalam lapangan pekerjaan khususnya ladang pelayanan.

"Saya berharap dapat saling menguntungkan. Mahasiswa dan lulusan AkFis dapat berinteraksi secara langsung dalam prakteknya sebagai fisioterapis dan juga rumah sakit yang pastinya membutuhkan tenaga-tenaga sebagai mitra kerja pelayanan kesehatan," katanya.

AkFis adalah lembaga pendidikan UKI yang sejak September 2009 berdiri otonom, setelah selama 25 tahun di bawah Fakultas Kedokteran UKI. Lembaga ini melahirkan para ahli fisioterapi yang bersifat pelayanan, sebagai tenaga penunjang seperti perawat. Ruang lingkupnya adalah membantu rehabilitasi pada pasien pascastroke, pascaoperasi, trauma, dan juga anak-anak dengan kelainan alat gerak.

Lulusan AkFis dapat pula bekerja di pusat-pusat kebugaran (fitness center) dan menjadi pendamping atlet olahraga dalam menjaga dan menstabilkan kembali fungsi otot dan gerak.

Pelkesi wilayah II di RS PGI Cikini adalah persekutuan pelayanan kesehatan bersifat nirlaba yang beranggotakan lembaga pelayanan, yayasan, dan rumah sakit yang peduli dalam aksi pelayanan. Pelkesi tersebar di lima wilayah Indonesia.