English click here Please click here for the English version
Kesehatan Primer

Program pelayanan kesehatan primer (PKP) merupakan upaya memberdayakan masyarakat untuk mengorganisasikan dan mengelola program kesehatan di dalam komunitas. Pada program ini, lembaga pelayanan kesehatan seperti RS dan klinik, mendekatkan diri (proaktif) mendatangi masyarakat. Petugas kesehatan ini berperan sebagai fasalitator dan katalisator pengembangan kesehatan di masyarakat, bekerjasama dengan kader kesehatan dan kader jemaat.



Pelaksanaan Konsultasi Regional Diakonia Kesehatan PELKESI Wilayah II PDF Cetak Email

Diakonia merupakan salah satu dari tri tugas panggilan gereja yaitu melayani. Gereja-gereja dalam melaksanakan tri tugas (bersaksi, mendidik dan menyembuhkan) sesuai panggilanNya mempunyai keanekaragaman serta pengalaman yang unik dalam melaksanakan serta menjalankan tugas pelayanan tersebut, walaupun situasi yang sangat terbatas terutama sumber daya, lingkungan, serta letak geografis daerah yang dapat menghambat sebuah pengembalaan, dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat (jemaat) merupakan sebuah tantangan besar, akan tetapi kita yakin dan percaya bahwa Tuhan selalu menyertai setiap pelayanan untuk kemajuan dan kemakmuran umatNya.

Sebagai tindak lanjut dari Konsultasi Nasional Gereja dan Diakonia di Cipayung tahun 2008 lalu, yang membicarakan tiga aspek penting dalam menstrategiskan diakonia bagi gereja-gereja yaitu; kesehatan, pendidikan dan pelayanan sosial. Maka Pelkesi wilayah II merasa perlu dalam menindak lanjuti kerjasama dengan gereja untuk membuat rumusan baru serta pola dan model diakonia yang lebih relevan dengan situasi saat ini dalam pemetaan sosial, politik, kesehatan, pendidikan untuk menjawab persoalan ketidaksejahteraan di masyarakat (jemaat). Sebagai bentuk tindak lanjut Konas tersebut Pelkesi Wilayah II melaksanakan kegiatan Konsultasi pada Tingkat Regional Diakonia Kesehatan. Yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18 – 20 Juni 2009, bertempat di Wisma Sirnagalih Cipayung, Bogor.

Baca selengkapnya...
 
Pemberdayaan Kader Kesehatan Jemaat Berbasis Masyarakat PDF Cetak Email

Dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat, peranan yang terpenting justru datangnya dari masyarakat itu sendiri. Masyarakat mengetahui masalah kesehatan yang terjadi di lingkungannya dan tahu bagaimana harus menyelesaikannya. Itulah yang disebut dengan “Community Managed”. Pada tingkat ini masyarakat sudah memiliki pengetahuan yang cukup, ditambah dengan sikap dan perilaku mereka yang responsif. Sehingga sangat dimungkinkan kalau angka kesakitan dan kematian akan turun dan angka harapan hidup semakin meningkat. Namun pada kenyataannya, masih banyak ditemukan masalah-masalah kesehatan yang belum dapat diselesaikan oleh masyarakat sendiri, dikarenakan akses informasi kesehatan yang terbatas dan akses biaya kesehatan yang tidak terjangkau.

Baca selengkapnya...
 
<< Mulai < Prev 1 2 3 4 5 6 7 Next > End >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL