Program
Workshop Kurikulum Berbasis Kompetensi Bagi Dosen Institusi Pendidikan Kesehatan Anggota PELKESI Wilayah III PDF Cetak Email

Dilaksanakan pada tanggal 2-4 Agustus 2009 di Wisma MM UGM, Jl. Colombo No.1 Yogyakarta.  Peserta yang hadir sebanyak 19 orang, merupakan utusan  Akbid Griya Husada 3 orang, Akbid Pantiwilasa Semarang ada 3 orang, Akper William Booth ada 3 orang, Stikes RS Baptis Kediri ada 4 orang, Stikes Bethesda Yogya ada 4 orang dan Stikes Sari Mutiara ada 2 orang.  Narasumber sekaligus pelatih dalam wokshop tersebut adalah Dra. Selvy Dewajanti, Dip, NEBSM yang menyampaikan tentang KBK antara lain Perubahan Kurikulum di Perguruan Tinggi, Alternatif Penyusunan KBK, Model-model pembelajaran dan penilaian (assessment) dalam pembelajaran.  Selain itu disampaikan juga oleh Pelkesi yang dalam hal ini diwakili oleh Irawaty Manullang, SKM, MARS tentang Pendayagunaan lulusan Sarjana Keperawatan dan fasilitas yang disediakan Pelkesi untuk anggotanya. Selama acara ini berlangsung harapan yang dirasakan peserta khususnya para pendidik kesehatan adalah mampu mendidik dan menghasilkan tenaga kesehatan yang kompeten dalam bidangnya sesuai kebutuhan pasar. 

Baca selengkapnya...
 
Pelatihan Penanggulangan Tuberkulosis Bagi Tim DOTS RS Anggota PELKESI PDF Cetak Email

Kupang, 31 Agustus s/d 4 September 2009 dan Tomohon, 7-11 September 2009

Program TB DOTS yang didanai oleh Global Fund ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama PELKESI dan DEPKES pada ronde 5 fase 1 periode 2008. Pelatihan diadakan di dua tempat yaitu Kupang dan Tomohon.

Pelatihan pertama di Hotel Cendana, Kupang pada tanggal 31 Agustus hingga 4 September 2009. Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk menyiapkan tenaga-tenaga pelaksana (sumber daya manusia) yang memiliki keterampilan, pengetahuan dan sikap kompeten dan professional  yang diperlukan dalam pelaksanaan program TB sehingga mampu menunjang tercapainya tujuan penanggulangan TB Nasional dengan strategi DOTS. Pelatihan ini ditujukan untuk tenaga pelaksana yang nantinya akan menjadi Tim (HDL) DOTS di Rumah Sakit masing-masing. Tim tersebut terdiri dari dokter, perawat/rekam medik, petugas laboratorium dan petugas lapangan. 

Baca selengkapnya...
 
Pemberdayaan Kader Kesehatan Jemaat Berbasis Masyarakat PDF Cetak Email

Dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat, peranan yang terpenting justru datangnya dari masyarakat itu sendiri. Masyarakat mengetahui masalah kesehatan yang terjadi di lingkungannya dan tahu bagaimana harus menyelesaikannya. Itulah yang disebut dengan “Community Managed”. Pada tingkat ini masyarakat sudah memiliki pengetahuan yang cukup, ditambah dengan sikap dan perilaku mereka yang responsif. Sehingga sangat dimungkinkan kalau angka kesakitan dan kematian akan turun dan angka harapan hidup semakin meningkat. Namun pada kenyataannya, masih banyak ditemukan masalah-masalah kesehatan yang belum dapat diselesaikan oleh masyarakat sendiri, dikarenakan akses informasi kesehatan yang terbatas dan akses biaya kesehatan yang tidak terjangkau.

Baca selengkapnya...
 
<< Mulai < Prev 21 22 23 24 25 26 Next > End >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL